Panatagama Habits Forming

Membangun Generasi Pemimpin, Berakhlak Mulia, Berprestasi

Integrasi Nilai Spiritual-Islami

Kepedulian Sosial

Disiplin dan Nasionalisme

Adab dan Karakter

Pendidikan Karakter

Di Panatagama Islamic School, pendidikan karakter tidak sekadar teori, tetapi pembiasaan nilai-nilai Islami dalam setiap aspek kehidupan. Kami meyakini bahwa karakter kuat berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah adalah fondasi utama mencetak generasi pemimpin masa depan. Sebagaimana firman Allah:

“Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung.” QS. Al-Qalam (68): 4

Panatagama Islamic School membangun karakter siswa melalui empat prinsip utama yang terintegrasi dalam keseharian: Pembiasaan Nilai Islami seperti shalat berjamaah dan tahfidz Al-Qur’an untuk menanamkan akhlak mulia, Keteladanan Guru sebagai role model dalam sikap dan perilaku, Pembelajaran Berbasis Proyek Sosial seperti Jumat Berbagi, Sedekah dan Infaq serta Market Day untuk mengasah empati dan kepemimpinan, serta Penilaian Holistik melalui pendampingan personal dan pemantauan perkembangan individu. Keempat prinsip ini dirancang untuk menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas akademis, tetapi juga berkarakter Qur’ani, tangguh, dan siap berkontribusi bagi masyarakat. Dengan pendekatan yang konsisten dan terukur, Panatagama menjadikan pendidikan karakter sebagai fondasi utama dalam mencetak pemimpin masa depan yang rahmatan lil ‘alamin.

Dengan pendekatan “Whole Child Education”, Panatagama Islamic School tidak hanya mencetak siswa berprestasi, tetapi juga generasi yang unggul akhlaknya, tangguh karakternya, dan siap menjadi pemimpin di era global.

Prinsip Panatagama Habits Forming

Pembiasaan Nilai Islami Sehari-hari

Panatagama menerapkan pendekatan transformatif melalui rutinitas islami yang terstruktur. Setiap hari diawali dengan murojaah bersama, shalat dhuha berjamaah, dan kultum singkat oleh siswa.

Keteladanan Guru sebagai Role Model

Guru Panatagama Islamic School adalah teladan hidup yang mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam keseharian. Dengan disiplin dalam sholat berjamaah tepat waktu, tutur kata santun penuh hikmah, pakaian syar’i yang rapi, serta konsistensi antara ucapan dan tindakan, mereka menjadi role model nyata bagi siswa. Kedisiplinan dalam mengajar, keadilan dalam menilai, dan ketelatenan dalam membimbing menciptakan lingkungan pendidikan yang tidak hanya mentransfer ilmu, tapi juga membangun karakter muslim paripurna. Setiap perilaku guru menjadi kurikulum hidup yang menginspirasi siswa meneladani akhlak Rasulullah SAW dalam kehidupan akademik maupun sosial.

Pembelajaran Berbasis Proyek Sosial

Sekolah mengembangkan kurikulum “Service Learning” yang terintegrasi dengan mata pelajaran utama. Contohnya proyek “Bank Sampah Digital” (integrasi TIK dan ekonomi), “Warung Sehat Sekolah” (integrasi IPA dan kewirausahaan), serta “Kampung Qur’an” (integrasi agama dan sosiologi). Setiap proyek dirancang melalui tahapan need assessment, action plan, implementation, dan reflectio

Penilaian Holistik & Pendampingan Personal

Panatagama Islamic School mengimplementasikan sistem “360° Character Assessment” yang inovatif untuk memantau perkembangan karakter siswa secara komprehensif. Sistem ini melibatkan penilaian dari multi-perspektif, termasuk guru, orang tua, teman sebaya, dan self-assessment (penilaian mandiri oleh siswa). Dengan pendekatan ini, setiap aspek perkembangan siswa—seperti akhlak, kedisiplinan, tanggung jawab, dan keterampilan sosial—dapat terpantau secara objektif dan seimbang.

Pengembangan karakter di Panatagama tidak bersifat satu untuk semua, tetapi disesuaikan dengan kepribadian, kebutuhan, serta kondisi latar belakang siswa.

Perspektif Pendidikan Modern

Pendidikan karakter modern ala Panatagama mengadopsi best practices global yang terbukti efektif! Para ahli terkemuka seperti Lickona menekankan integrasi nilai dalam setiap aspek sekolah, sementara Borba membuktikan empati bisa dibentuk lewat latihan konkret. Riset Lerner menunjukkan 5Cs (Competence, Confidence, Connection, Character, Caring) sebagai formula sukses generasi muda, didukung Ohler yang merancang pendidikan karakter era digital berbasis kisah inspiratif. Kami menerapkan ini semua dengan assessment holistik ala Berkowitz yang mengukur perkembangan karakter secara personal. Bukan sekadar teori – tapi aksi nyata berbasis sains untuk membentuk anak yang tak hanya pintar, tapi juga berhati mulia dan siap memimpin di era modern!”

Karakter Unggul, Prestasi Gemilang: Membentuk Pemimpin Qur’ani yang Berakhlak, Cerdas, dan Peduli

Membentuk Akhlak Mulia Berlandaskan Nilai Islami

  • Program Tahfidz Harian: Setiap pagi, siswa menghafal Al-Qur’an dengan metode Tilawati yang interaktif.

  • Kultum Siswa: Setiap Jumat, siswa menyampaikan pesan moral singkat di depan kelas untuk melatih keberanian dan internalisasi nilai.

  • Pemantauan Mutaba’ah Yaumiyah: Buku catatan ibadah harian yang direview guru dan orang tua.

  • Panatagama Islamic School menjadikan sunnah Rasulullah SAW sebagai fondasi dalam membentuk kebiasaan (habits) positif siswa melalui program Panatagama Habits Forming.

  • Kebersihan Diri & Lingkungan : kebersihan diri dengan membiasakan wudhu sebelum belajar sebagai implementasi hadits “Kebersihan bagian dari iman” (HR. Muslim)

  • Adab berbicara : kebiasaan berbicara yang lembut dan jujur sesuai sabda Nabi, “Barangsiapa beriman kepada Allah, hendaklah berkata baik atau diam” (HR. Bukhari-Muslim).

  • Dhuha Time (sholat dhuha berjamaah), Murojaah Pagi (mengulang hafalan Al-Qur’an)

  • Friday Clean Day (Jumat Bersih) menjadi rutinitas yang menginternalisasi nilai-nilai Islam sekaligus membentuk karakter disiplin, empati, dan tanggung jawab

Karakter Unggul, Prestasi Gemilang: Membentuk Pemimpin Qur’ani yang Berakhlak, Cerdas, dan Peduli

Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Kepedulian

  • Proyek Jumat Berbagi: Siswa menyiapkan paket sembako untuk keluarga kurang mampu sekitar sekolah.

  • Market Day: Kegiatan kewirausahaan dimana keuntungan disumbangkan untuk anak yatim.

  • Kemitraan dengan Panti Asuhan: Kunjungan rutin dan program mentoring oleh siswa Panatagama.

Karakter Unggul, Prestasi Gemilang: Membentuk Pemimpin Qur’ani yang Berakhlak, Cerdas, dan Peduli

Meningkatkan Kedisiplinan & Tanggung Jawab

  • Upacara Bendera dengan Leadership Role: Siswa bergiliran memimpin upacara untuk melatih kepemimpinan.

  • Program Student Responsibility Chart: Piket harian yang mencakup tugas kebersihan, pengaturan kelas, dan dokumentasi kegiatan.

  • Reward System “Pohon Karakter”: Siswa mendapat daun bertuliskan nilai positif (misal: “Jujur”, “Disiplin”) yang ditempel di pohon kelas.

Panatagama Habits Forming : KB dan TK

Cheers!

Pendidikan karakter di jenjang KB-TK Panatagama Islamic School dirancang sebagai fondasi awal pembentukan kepribadian islami melalui pendekatan bermain yang menyenangkan dan kontekstual. Setiap aktivitas harian, mulai dari bermain peran, bernyanyi, hingga bercerita, diintegrasikan dengan nilai-nilai akhlak seperti sopan santun, kejujuran, dan kepedulian. Anak-anak diajak menghafal doa dan surat pendek dengan metode kreatif menggunakan gerakan dan visual menarik, sambil belajar kemandirian melalui kegiatan praktis seperti merapikan mainan dan makan sendiri. Lingkungan kelas didesain sebagai “laboratorium karakter” dengan sudut-sudut tematik seperti Qur’an Corner dan Kindness Wall yang memvisualisasikan perilaku positif.

Proses pembentukan karakter didukung oleh guru yang berperan sebagai figur teladan sekaligus pendamping emosional. Melalui program unik seperti “3 Magic Words Training” dan “Tadabur Alam”, anak tidak hanya mengenal nilai-nilai islami secara teoritis tapi langsung mempraktikkannya dalam situasi nyata. Kolaborasi erat dengan orang tua melalui laporan perkembangan “Character Home Report” memastikan konsistensi penerapan nilai di sekolah dan rumah. Dengan kombinasi antara neurosains pendidikan anak, psikologi perkembangan, dan nilai-nilai Qur’ani, KB-TK Panatagama menciptakan pengalaman belajar yang membekaskan keceriaan sekaligus akhlak mulia pada setiap anak.

Coding

Deskripsi A

Coding

Deskripsi A

Coding

Deskripsi A

Panatagama Habits Forming : SD

Cheers!

Pendidikan karakter di jenjang SD Panatagama Islamic School dibangun melalui pendekatan “Integrated Character Learning” yang memadukan nilai-nilai islami dengan aktivitas akademik dan kehidupan sosial siswa. Setiap mata pelajaran dirancang tidak hanya untuk mencerdaskan secara intelektual, tetapi juga menanamkan nilai-nilai seperti tanggung jawab, kerja sama, dan integritas melalui metode pembelajaran berbasis proyek dan diskusi kasus. Program unggulan seperti Tahfidz Fun Camp dan Science with Akhlak mengajak siswa melihat keterkaitan antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai Islam, sementara kegiatan Qur’anic Class dan Jumat Berbagi melatih kepemimpinan serta empati sosial. Lingkungan sekolah yang dirancang dengan Qur’an Wall Art dan Kindness Trees menciptakan atmosfer yang terus mengingatkan pada nilai-nilai positif.

Coding

Deskripsi A

Coding

Deskripsi A

Coding

Deskripsi A

Panatagama Habits Forming : SMP

Cheers!

Di jenjang SMP, pendidikan karakter Panatagama Islamic School berkembang menjadi “Future Leader Camp” yang mempersiapkan siswa menghadapi tantangan remaja dengan integritas. Melalui kurikulum Life Design Project, siswa diajak merancang solusi untuk masalah nyata di masyarakat dengan pendekatan sains-teknologi yang berlandaskan nilai-nilai islami, seperti proyek Digital Charity dan Eco-Mosque Design. Program Dauroh Qur’an dan Wisuda Tahfidz menjadi fondasi spiritual, sementara Career Exploration Day dan Startup Teen melatih jiwa wirausaha yang etis. Sistem Mentor-Mentee Circle memastikan setiap siswa mendapat pendampingan personal untuk mengembangkan potensi unik mereka, didukung oleh tools Character Growth Dashboard yang memetakan perkembangan nilai-nilai seperti ketangguhan (grit) dan kecerdasan emosional.

Lingkungan sekolah dirancang sebagai “Character Experience Zone” dengan ruang diskusi HalaqahInnovation Corner, dan Social Project Wall yang menampilkan karya siswa. Keterlibatan alumni dalam program “Inspiration Talk” dan kolaborasi dengan lembaga seperti BRIN untuk proyek sains memberikan perspektif real-world tentang penerapan karakter dalam profesionalisme.

Coding

Deskripsi A

Coding

Deskripsi A

Coding

Deskripsi A